Berita

SEMILOKA PENGEMBANGAN PAKEM SD JATIM 2013
12 Sep 2013, 12:51:00 PM - Oleh : reni

Kepala Bidang TK SD dan PK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Drs. Nuryanto, M.Si membuka Semiloka pengembangan PAKEM SD Provinsi Jawa Timur Tahun 2013 di Hotel Oval, Surabaya. Semiloka tersebut diwakili oleh 8 Kabupaten Kota di Jawa Timur. Rencananya semiloka ini diadakan secara bergelombang dengan peserta 8 kabupaten kota setiap gelombangnya.

Dalam kata sambutannya, Drs. Nuryanto, M.Si mengungkapkan bahwa model pembelajaran untuk anak-anak SD seharusnya tidak hanya terpaku pada Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efisien dan Menyenangkan (PAKEM) saja.

“Seharusnya tidak hanya PAKEM, harus ada 3M lagi dibelakangnya yakni selain Menyenangkan, tetapi juga harus Menggembirakan, Mengasyikkan, dan yang paling penting Mencerdaskan,”tegasnya saat mengawali sambutannya.

Beliau juga mengatakan bahwa melalui semiloka yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur ini diharapkan agar bias menjadi sebuah forum atau komunitas serta mampu menentukan teknik pembelajaran apa yang nantinya cocok untuk dipergunakan oleh sekolah-sekolah dasar di Jawa Timur.

“Saya berharap akan terbentuk komunitas sehingga semua peserta disini bisa menjadi sebuah wadah untuk shearing dan berbagi untuk guru-guru yang lain,”terangnya.

Dengan adanya kurikulum 2013 yang akan segera di aplikasikan secara serentak pada tahun depan, Beliau mengatakan bahwa semua jajarannya sudah siap dengan hal itu.

“Mau itu MBS, pendidikan karakter, PAKEM, bagi lembaga Sekolah Dasar hal itu tidak akan banyak berpengaruh, sebab kemampuan dasar atau skill kompetensinya masih sama,”terangnya.

Rencananya semiloka ini akan berlangsung mulai tanggal 11 hingga 15 September 2013.



Sumber : Reni (Media Center) - Sony (Majalah Info)

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur 



Konten 2 kolom bawah

Copyright © 2012-2014 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur | SEMILOKA PENGEMBANGAN PAKEM SD JATIM 2013 All Right Reserved.