Berita

LOMBA KREASI PIDATO DAN BERCERITA (LKPC) MI/SD SE JAWA TIMUR
12 Sep 2018, 01:37:00 PM - Oleh : kuntoro

LOMBA KREASI PIDATO DAN BERCERITA (LKPC) MI/SD SE JAWA TIMUR

Berbicara atau mendongeng adalah cara yang dilakukan untuk menyampaikan suatu cerita kepada para penyimak, baik dalam bentuk kata-kata gambar, foto, maupun suara. Setiap hari manusia tidak lepas dari berbicara. Orang yang ingin bercerita harus mempunyai kemampuan berbicara yang baik, memahami karakter pendengar, meniru suara-suara, pintar mengatur intonasi serta ketrampilan memakai alat peraga. Teknik bercerita juga bervariasi, banyak manfaat yang akan kita dapatkan dalam bercerita. Tetapi perlu diingat juga banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hingga perlu untuk di perhatikan dalam bercerita. Bukanlah sekedar ngoceh tetapi berbicara yang menarik (atraktif) bernilai informasi (infomatif) , menghibur (rekreatif), dan berpengaruh (persuasif).

Dengan adanya perlombaan ini peserta didik diharap mampu mengembangkan kreatifitas dalam berekspresi & berkarya. Melalui perlobaan ini memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk berlatih tampil percaya diri serta mengasah potensi yang dimiliki sejak lahir kegiatan ini sebagai wadah untuk meningkatkan kreativitas, meningkatkan kemampuan dalam segi kognitif, afektif, dan psikomotoriknya, serta menumbuhkan nilai-nilai pancasila dalam karakter peserta didik sesuai tema pada lomba kali ini.

Lomba karya seni madrasah ini diharapkan mampu memberikan pengalaman kepada siswa untuk menghadapi era pada masa kini. Dimana pada masa kini, kebudayaan dan karakteristik yang ada di Indonesia mulai pudar bahkan mulai menghilang, semua itu tergantung pada generasi penerusnya. Maka dari itu HMJ PGMI IAIN TULUNGAGUNG mengadakan Lomba Kreasi Pidato dan Bercerita tingkat MI/SD Se-Jawa Timur, guna meningkatkan kreativitas dan karakteristik pada kemampuan peserta didik dengan tema “Melahirkan Generasi Muda yang Berkarakter Pancasila Melalui Apresiasi Karya Sastra Anak”.

Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan mutu pendidikan di MI/SD secara komprehensif melalui menumbuh kembangkan budaya belajar, kreativitas,  berpikir kritis dan motivasi meraih            prestasi terbaik dengan menjunjung nilai-nilai kejujuran dan sportivitas.
2. Memberikan latihan dan pengalaman siswa/siswi MI/SD dalam berkarya khususnya pada berpidato juga pada bercerita baik          karya tulis maupun berekspresi.
3. Meningkatkan kreatifitas yang dimiliki siswa/siswi MI/SD pada kemampuan berpidato dan berbicara serta melatih kemampuan      berbicara dan berekspresi.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada Hari Rabu tanggal 26 September 2018 tersebut akan diselenggarakn di Auditorium Utama IAIN Tulungagung mulai pukul 06.30 s.d. selesai. Adapun tahap pendaftarannya adalah sebagai berikut :

a. Mengisi Formulir Pendaftaran “Lomba Kreasi Pidato dan Bercerita” yang telah disediakan panitia dan bisa di download di                                                                    http://lkpcpgmiiaintulungagung18.blogspot.com
b. Kontribusi perlombaan Rp 50.000,00 @peserta.
c. Pembayaran :
   1. Transfer ke nomor rekening BRI SYARIAH 1039518976 atas nama RIZKA NAHDLIYYA dan mengkonfirmasi  ulang ke nomor 085648411791 atas nama Rizka                 Nahdliyya. Serta menyerahkan bukti transfer pada saat technical meeting pada Kamis, 20 September 2018.
   2. Atau silahkan datang langsung ke sekretariat HMJ PGMI IAIN Tulungagung gedung UKM lantai II Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 46 Plosokandang Tulungagung           dibuka pukul 08.00 – 13.00 WIB (kecuali hari Sabtu dan Minggu).
d. Pendaftaran
    Online : Dibuka mulai tanggal 1 Agustus-20 September 2018 melalui http://lkpcpgmiiaintulungagung18.blogspot.com
    Offline : Dibuka mulai tanggal 1 Agustus-20 September 2018 pukul 08.00 – 13.00 WIB (Kecuali hari  Sabtu-Minggu). Bertempat di Sekretariat HMJ PGMI IAIN                           Tulungagung Gedung UKM Lantai II Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 46 Plosokandang Tulungagung.
e. Pendaftaran dapat di lakukan secara individu maupun kolektif.
f.  Pengumpulan formulir pendaftaran paling lambat pada tanggal 20 September 2018 (disertakan foto peserta ukuran 4x6 @2 lembar background berwarna merah          untuk masing-masing kategori lomba)
g. Pengumpulan formulir di sekretariat HMJ PGMI IAIN Tulungagung gedung UKM Lantai.II Jalan. Mayor Sujadi Timur Nomor 46 Plosokandang Tulungagung atau              dikirim melalui sosial media rizkanahdliyya97@gmail.com dalam bentuk scanan.

 

*(Pendaftaran bisa ditutup sewaktu-waktu apabila kuota terpenuhi.)

Untuk informasi lebih lanjut silahkan berkoordinasi dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Tulungagung Gedung UKM Lantai II Jalan Mayor Sujadi Timur Nomor 46 Tulungagung Jawa Timur 66221 Telepon (085 655 739 260) e-mail: hmjpgmi.iaintulungagung@gmail.com






Konten 2 kolom bawah

Copyright © 2012-2018 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur | LOMBA KREASI PIDATO DAN BERCERITA (LKPC) MI/SD SE JAWA TIMUR All Right Reserved.