Berita

LOMBA NEMBANG MACAPAT DAN MACA GURITAN SISWA SMP DAN MTs SE JAWA TIMUR
12 Sep 2018, 03:44:00 PM - Oleh : kuntoro

LOMBA NEMBANG MACAPAT DAN MACA GURITAN SISWA SMP DAN MTs SE JAWA TIMUR

Pendahuluan

Budaya Jawa merupakan budaya adiluhung yang penuh makna bagi masyarakatnya. Kekhasan nilai-nilai lokal yang tercermin dalam bahasa, sastra dan budaya menjadi penanda eksistensi budaya Jawa di era global masa kini. Untuk menjaga keberadaan bahasa, sastra, dan budaya Jawa agar nilai-nilai yangdikandungnya tidak hilang, perlu kerja sama berbagai pihak terutama generasi mudanya. Wujud implementasi Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 19 tahun 2014 tentang mata pelajaran Bahasa Jawa sebagai muatan lokal wajib di Sekolah/Madrasah, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (Jawa) merupakan salah satu komponen yang selalu berusaha menjaga dan melestarikan bahasa, sastra dan budaya. Pada kesempatan ini mengajak para generasi muda untuk mengikuti lomba Maca Geguritan dan Nembang Macapat tingkat SMP/MTs se-Jawa Timur.

Tujuan

Mengupayakan agar generasi muda yang potensial (siswa SMP/MTs) memiliki pengertian, pengetahuan, pemahaman, penghayatan serta ketrampilan Maca Geguritan dan Nembang Macapat sebagai alternatif upaya pelestarian budaya Jawa.

Deskripsi Lomba

Lomba Maca Geguritan dan Nembang Macapat untuk siswa SMP/MTs se- Jawa Timur ini terdiri atas dua kategori, yaitu putra dan putri dan masing-masing kategori diambil juara I, II, III, Harapan I dan II.

Waktu, Tempat Pelaksanaan, dan Pendaftaran Lomba

Lomba ini dibagi menjadi dua babak yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilaksanakan secara online/daring dengan mengirimkan video rekaman melalui website setelah melakukan pembayaran sebesar Rp. 75.000,- ke rekening BTN 0037701580018360 atas nama Latif Nur Hasan. Pendaftaran serta pengunggahan video rekaman secara online dapat dilakukan pada laman www.jawa.fbs.unesa.id paling lambat tanggal 6 September 2018. Pengumuman peserta yang dinyatakan lolos babak Final akan dilaksanakan pada tanggal 9 September 2018 melalui website www.jawa.fbs.unesa.id Final dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 16 September 2018 di Auditorium Prof. Dr. Leo Idra Ardiana, M.Pd FBS kampus Unesa Lidah Wetan Surabaya. Lomba dimulai pukul 07.30 sampai selesai.

Tata Laksana Lomba

Babak Penyisihan, Lomba nembang macapat

Setiap peserta diharuskan membawakan 1 tembang wajib serta 1 tembang pilihan kemudian direkam berupa video dikirimkan ke laman www.jawa.fbs.unesa.id dengan format video .mp4 maksimal 360ppi (wajib dan pilihan dipisah). Mohon untuk mempertimbangkan kejelasan audio. Video rekaman tidak diperkenankan melalui proses editing studio. Penilaian dilakukan oleh dewan juri sesuai bidangnya dan dipilih 10-20 finalis (jumlah finalis menyesuaikan kualitas dan kuantitas peserta lomba). Pelantunan tembang hanya boleh diberi tintingan maksimal satu nada pada setiap baris tembang.

Babak Penyisihan, Lomba maca geguritan

Setiap peserta diharuskan membawakan 1 geguritan pilihan kemudian direkam berupa video dikirimkan ke laman www.jawa.fbs.unesa.id dengan format video .mp4 maksimal 360ppi Mohon untuk mempertimbangkan kejelasan audio dan gambar. Video rekaman tidak diperkenankan melalui proses editing studio. Penilaian dilakukan oleh dewan juri sesuai bidangnya dan dipilih 10-20 finalis (jumlah finalis menyesuaikan kualitas dan kuantitas peserta lomba). Pembacaan geguritan tidak diperbolehkan menggunakan iringan musik.

Babak Final, diikuti oleh peserta yang dinyatakan lolos babak Final dan datang ke tempat pelaksanaan lomba pada Hari Minggu tanggal 16 September 2018 dengan membawakan 1 tembang wajib serta 1 tembang pilihan untuk lomba nembang macapat, dan membawakan 1 geguritan wajib untuk lomba maca geguritan.

Kriteria Penilaian

Geguritan : Penampilan, interpretasi, intonasi

Nembang : Warna Suara, Teknik Vokal, Penampilan

(Keputusan Dewan Juri dapat dipertanggungjawabkan dan tidak dapat diganggu gugat)

Hadiah Lomba

Setiap Peserta yang telah mendaftarkan diri dan mengunggah video secara online akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta yang akan dikirimkan ke alamat sekolah. Peserta yang lolos sebagai Finalis akan mendapatkan sertifikat sebagai FINALIS

Hadiah Lomba sebesar:

Juara I : Rp. 1.200.000 + Tropi

Juara II : Rp. 900.000 + Tropi

Juara III : Rp. 700.000 + Tropi

Harapan I : Rp. 500.000 + Tropi

Harapan II : Rp. 300.000 + Tropi

Informasi lebih lanjut tentang lomba dapat menghubungi Pak Latif 082319231021 (tlf) 085645885008

(WA), Pak Octo 085799190355 (WA), dan Bu Yunita 085647244695 (tlf/wa)

Atau kunjungi http://jawa.fbs.unesa.id/index.php/8-hot-news/35-lomba-nembang-macapat-dan-maca-geguritan-smp-mts-se-jawa-timur

Daftar Tembang Macapat dan Guritan
Download



Konten 2 kolom bawah

Copyright © 2012-2018 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur | LOMBA NEMBANG MACAPAT DAN MACA GURITAN SISWA SMP DAN MTs SE JAWA TIMUR All Right Reserved.