Berita

FESTIVAL NASIONAL PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN AMPEL SURABAYA
13 Sep 2018, 07:37:00 AM - Oleh : kuntoro

FESTIVAL NASIONAL PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan mempunyai tujuan untuk menghasilkan calon-calon guru kelas di sekolah tingkat MI/SD/SD yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial. Peranan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah sebagai institusi pendidikan yang akan menyiapkan kekuatan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pendidikan guru MI. Lulusan PGMI memiliki peluang besar untuk ikut terlibat dalam meewujudkan generasi yang inovatif. Hal ini bisa terjadi jika para lulusan PGMI memiliki kemampuan soft skill dan hard skillyang berlandaskan agama dengan paduan seni kebudayaan agar mampu memenuhi berbagai tuntutan pendidikan di era modern ini.

Melihat persoalan yang telah menunjukkan tantangan perkembangan zaman yang semakin besar dan berat menyebabkan lembaga sekolah MI/SDI/SD perlu menengok kembali filosofi mempertahankan warisan lama yang masih relevan dan mengambil hal terbaru yang lebih baik. Lembaga MI/SDI/SD menganggap bahwa modernisasi harus berjalan linier dengan kurikulum yang ditetapkan dengan pemerintah.

Mempertimbangkan hal tersebut maka Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya mengadakan kegiatan "Festival Nasional Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah" dengan tema "Implementasi Sang Pendidik Dalam Mewujudkan Kreativitas Menuju Pendidikan Yang Berkarakter"

Kegiatan yang akan diselenggarakan pada tanggal 7, 21 dan 22 Oktober 2018 tersebut mempunyai tujuan antara lain adalah menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk memperbaiki mutu pendidikan di Indonesia; memberikan motivasi belajar, rasa percaya diri dan memupuk tali silaturrahim antar Mahasiswa/i PGMI di Indonesia. Bentuk dari kegiatan tersebut adalah :

1.  Acara Utama
     a.  Lomba Siswa :
          1.  Lomba Nasional Mata Pelajaran Umum (Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA) tingkat MI/SDI/SD Se - Indonesia
          2.  Lomba Nasional Sholawat Al Banjari Tingkat MI/SDI/SD Se - Indonesia
          3.  Lomba Nasional Kaligrafi Tingkat MI/SDI/SD Se - Indonesia
          4.  Lomba Nasional Pildacil tingkat MI/SDI/SD Se - Indonesia

     b.  Lomba Mahasiswa :
          1.  Micro Teaching Nasional
          2.  Debat Ilmiah Nasional

2.  Acara Gebyar
3.  Acara Pendukung
     a.  Donor Darah
     b.  Pemeriksaan Gratis
    
Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa menghubungi Panitia Festival Nasional Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Jalan Ahmad Yani 117 Surabaya Kampus UINSA, email : hmppgmiuinsby@gmail.com, Telepon : 0856 4544 4318.



Konten 2 kolom bawah

Copyright © 2012-2018 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur | FESTIVAL NASIONAL PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH (PGMI) UIN SUNAN AMPEL SURABAYA All Right Reserved.