Berita

ANGGARAN SPP GRATIS DI JAWA TIMIUR
09 Jan 2019, 07:33:00 AM - Oleh : kuntoro

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur memastikan program SPP gratis untuk jenjang SMA/SMK akan direalisasikan di awal tahun ajaran baru. Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur saat ini sudah melayangkan peringatan agar sekolah tidak lagi memungut biaya SPP kepada para siswa.

"Sudah gak boleh narik SPP karena sudah dibayar oleh provinsi, yang baru saja disahkan kemarin di dewan," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Saiful Rachman ditemui di kantornya.

Larangan memungut SPP ini terutama diperuntukkan bagi sekolah-sekolah negeri yang ada di Jawa Timur. Untuk sekolah swasta, Saiful Rachman meminta agar melakukan penyesuaian. Terutama untuk sekolah-sekolah swasta yang besaran SPP-nya lebih besar dari bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi Jawa Timur masih boleh menarik sumbangan. 

Saiful Rachman mencontohkan sebuah SMK di Gresik menarik SPP Rp 200 ribu per bulan. Padahal menurut Surat Edaran Gubernur Jawa Timur yang mengatur besaran SPP, wilayah Gresik sebesar Rp160 ribu. "Jadi orang tua hanya membayar sisa kekurangan yaitu sebesar Rp40 ribu," katanya.  

Terkait pembiayaan lain di sekolah seperti kegiatan ekstra kurikuler, Saiful Rachman mengatakan Komite Sekolah bisa saja menarik sumbangan dari orang tua. Syaratnya yaitu ada persetujuan dari seluruh orang tua. "Kalau ada yang merasa keberatan, ya tidak boleh ditarik," katanya. 

Dalam APBD Jatim 2019, disepakati anggaran Rp 904,18 miliar yang diperuntukkan bagi 1.280.545 siswa di SMA/SMK negeri dan swasta. 

Tapi bantuan anggaran ini baru akan direalisasikan pada tahun ajaran baru alias Juli 2019. Menurutnya, hal ini sesuai dengan arahan dari Gubernur Jatim terpilih Khofifah Indar Parawansa. "Untuk SPP gratis itu kan program gubernur baru, jadi belum direalisasikan awal tahun," ujarnya. 

SPP gratis hanya berlaku mulai Juli hingga Desember 2019. Saiful Rachman berharap dalam pembahasan Perubahan APBD 2019 nanti program ini bisa dilanjutkan lagi. 

"Nanti akan kita bahas lagi untuk kebutuhan SPP yang sisa enam bulan berikutnya di PAPBD," harapnya. 

Sementara itu Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim Suli Daim membenarkan bahwa SPP gratis adalah program milik Gubernur Jawa Timur terpilih. Meski program gubernur baru, program SPP gratis ini sengaja sudah diakomodir pihaknya agar visi misi yang dijanjikan saat kampanye bisa diwujudkan.

"Tapi sudah kita anggarkan sekarang supaya bisa langsung jalan saat Bu Khofifah dilantik jadi gubernur," ujarnya. 



Konten 2 kolom bawah

Copyright © 2012-2019 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur | ANGGARAN SPP GRATIS DI JAWA TIMIUR All Right Reserved.