Bidang PPKTB
Pilih Tahun :

PROGRAM UPT PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN KESENIAN SEKOLAH (PPKS) Tahun 2012

Update Terakhir: Wednesday, 1 August 2012 - 09:29:07 AM ; Oleh: munir


 Tabel D.1 Indikator Pendidikan Kesenian Sekolah

INDIKATOR PENDIDIKAN KESENIAN SEKOLAH

 

SD/MI

SMP/MTs

SMA/MA

Pelatihan Guru Kesenian

0,017%

0,69%

3,19%

Pendidikandan PengembanganSeni Tradisi

40,3%

31,3%

28,4%

Pekan Seni Pelajar

38 Kab/Kota

38 Kab/Kota

38 Kab/Kota

Pekan Seni Guru

38 Kab/Kota

38 Kab/Kota

38 Kab/Kota

Apresiasi Seni Pelajar

2 x

2 x

4 x

Festival HAN

4 lomba

-

-

Seleksi Siswa & Guru Berprestasi

65,79%

65,79%

60,53%

Gelar Seni Padang Rembulan

1 x

1 x

3 x


ANALISIS

 1.    ANALISIS

Untuk memperoleh data secara kuantitatif di UPT. PPKS membutuhkan sebuah proses yang cukup panjang. Sedangkan usia UPT.PPKS baru mencapai 3,5 (tiga setengah tahun) di awali tahun 2009 sampai dengan 2010 bernama UPT. PPK Taman Budaya, dan pada tahun 2011 sampai sekarang bernama UPT. PPKS(Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Sekolah).

 

Peningkatan kualitas guru seni budaya dalam bentuk pelatihan untuk guru SD/MI 0,017 %, SMP/MTs 0,69 % sedangkan SMA/MA 3,19%. Indikator angka Pelatihan Guru Kesenian (PGK) yang ikut pelatihan dalam program kegiatan ini masih kurang memenuhi standart apabila di bandingkan dengan jumlah sekolah jenjang pendidikan dasar dan menengah sebesar 53.605 sekolah di seluruh Jawa Timur. Dengan kategori guru seni budaya SD/MI 15.081 orang, guru seni budaya SMP/MTs  2.357 orang dan guru seni budaya SMA/MA  947 orang. Total keseluruhan guru kelas dan guru seni budaya sebesar 18.385 orang. Sedangkan yang sudah mendapat pembekalan dalam bidang kesenian sebesar 3,897 %.

 

Peningkatan dan pengembangan pelatihan-pelatihan seni tradisi unggulan melalui Program Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi di sekolah dengan dukungan dari pemerintah daerah Kab/Kota setempat. Anggota Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi di Sekolah untuk SD/MI 27 lembaga (40,3%), SMP/MTs 21 lembaga (31,3%), SMA/MA 19 lembaga (28,4%), total keseluruhan berjumlah 67 lembaga Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi di Sekolah yang selalu mengisi kegiatan di UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Sekolah antara lain Apresiasi Seni Pelajar, Festival Dalam Rangka Hari Anak Nasional, Gelar Seni Padang Rembulan dan lain-lain. Pekan Seni Pelajar (PSP), Pekan Seni Guru (PSG) serta Seleksi Siswa dan Guru Berprestasi Kesenian juga merupakan program prioritas yang di informasikan kepada seluruh Kab/Kota se-Jawa Timur. Jumlah peserta tergantung kondisi dan situasi daerah setempat untuk mengirim pesertanya.

   

Seleksi guru dan siswa berprestasi di bidang seni merupakan kegiatan yang baru dilaksanakan di tahun 2010, dengan jumlah peserta sebanyak 76 orang tiap jenjang pendidikan yangn mewakili masing-masing kab/kota. Pada kenyataannya jumlah peserta yang mengikuti seleksi siswa berprestasi di bidang seni dari jenjang SD/MI sebanyak 50 orang (65,79%), dari jenjang SMP/MTs sebanyak 50 orang (65,79%) dan dari jenjang SMA/MA sebanyak 46 orang (60,53%). Hal ini masih belum memenuhi target karena kegiatan ini baru dilaksanakan di tahun 2010, sehingga informasi mengenai seleksi siswa berprestasi di bidang seni belum seluruhnya kab/kota mengetahui kegiatan tersebut. Selain itu juga disebabkan karena respon kab/kota terhadap seleksi siswa berprestasi  di bidang seni masih kurang optimal, hal ini di sebabkan karena selama ini kegiatan yang ada seleksi siswa berprestasi di bidang akademik/mata pelajaran. Untuk jumlah guru yang mengikuti Seleksi Guru berprestasi di Bidang Seni sebanyak 76 orang, hal ini sudah memenuhi target/sasaran yang diharapkan. Penghargaan yang diberikan kepada peserta baik guru maupun siswa tiap jenjang pendidikan masing-masing 5 penghargaan non rangking.



PERMASALAHAN

 1.    PERMASALAHAN

Adapun permasalahan yang terjadi dalam pelaksanaan Program UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Sekolah :

-       Guru bidang studi seni budaya hampir 50% belum memiliki pendidikan seni

-       Buku serta alat pendukung untuk proses belajar mengajar belum terpenuhi

-       Mengadakan hubungan kerja sama antara Kab/Kota

-   Dukungan pemerintah daerah kab/kota terhadap lembaga Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi di sekolah belum maksimal

-   Kurangnya koordinasi antara Dinas Pendidikan Kab/Kota dengan pihak sekolah di dalam penyampaian informasi terkait dengan kegiatan Seleksi Guru dan Siswa  Berprestasi di bidang Seni sehingga masih ada beberapa Kab/Kota yang tidak ikut berprestasi di dalam kegiatan tersebut.

-   Pihak sekolah masih menganggap sebelah mata tentang pendidikan seni di sekolah, sehingga terkadang apabila ada kegiatan yang berkaitan tentang pendidikan seni di sekolah, sehingga terkadang apabila ada kegiatan yang berkaitan dengan kesenian, masih belum dapat ikut berpartisipasi secara optimal.



SOLUSI & UPAYA TINDAK LANJUT

 1.    SOLUSI & UPAYA TINDAK LANJUT

Adapun solusi untuk memcahkan permasalahannya sebagai berikut :

-   Melaksanakan pelatihan guru bidang studi seni budaya jenjang pendidikan dasar dan menengah

-   Pembuatan media pembelajaran kesenian. Contoh : seni tari topeng gaya malangan

-   Mengadakan hubungan kerja sama antara Kab/Kota dengan Provinsi dalam memacu peningkatan mutu Pendidikan Kesenian di sekolah.

-   Meningkatkan intensitas kegiatan seni di sekolah (festival, lomba, apresiasi, dialog, pekan seni dan lain-lain)


REKOMENDASI

 1.    REKOMENDASI

Mengingat bidang studi seni budaya telah diamanatkan dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Antara lain :

-   Pasal 12 (b) : setiap peserta didik pada setiap satuan pendidikan berhak mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat, minat dan kemampuannya.

-   Pasal 36 (3) g : Kurikulum disusun sesuai dengan jenjang pendidikan dalam kerangka NKRI dengan memperhatikan g. Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

-   Pasal 37 (1) g : Kurikulum pendidikan dasar dan menengah wajib memuat g. seni budaya.

Maka peningkatan bidang studi seni budaya dalam bentuk pelatihan dan apresiasi seni dalam bentuk pergelaran, festival dan pekan seni untuk pendidik dan anak didik menjadi prioritas utama untuk dilaksanakan dalam kegiatan UPT Pendidikan dan Pengembangan Kesenian Sekolah (PPKS)