Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS PENDIDIKAN


SURAT KETERANGAN

Nomor :  072/48/103.02/2016
 
HASIL SURVEI INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT
TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA UNIT PPID-KLINIK PENDIDIKAN
DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
TAHUN 2015
  
I.   LATAR BELAKANG
       Seiring kemajuan teknologi dan tuntutan masyarakat dalam hal pelayanan,  unit penyelenggara pelayanan publik dituntut untuk memenuhi harapan masyarakat dalam melakukan perbaikan pelayanan.
     Pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah saat ini belum memenuhi harapan masyarakat.  Hal ini dapat diketahui dari berbagai keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media masa dan jaringan sosial,  sehingga memberikan dampak buruk terhadap pelayanan pemerintah, yang menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat.
        Salah satu cara yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan Survei Kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan. 
       Mengingat jenis layanan publik sangat beragam dengan sifat dan karakteristik yang berbeda,  maka survei kepuasan masyarakat dapat menggunakan metode dan teknik survei yang sesuai.
      Dasar perhitungan indeks kepuasan masyarakat (IKM) pada layanan publik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur merupakan implementasi Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor : KEP/25/M.PAN/2/2014 Tanggal : 24 Pebruari 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
      Sesuai dengan kebijakan tersebut PPID-Klinik Pendidikan sebagai unit pelayanan publik Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur telah melakukan survei kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan layanan jasa informasi dan konsultasi pendidikan di Jawa Timur sebanyak 100 koresponden.
 

II.   TUJUAN

A.  Tujuan Umum

Mengetahui gambaran indeks kepuasan masyarakat terhadap mutu layanan pendidikan melalui Desk Layanan Informasi dan Konsultasi di Klinik Pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun 2015 

B.  Tujuan Khusus

1. Mengetahui tingkat indeks kepuasan masyarakat yang dicapai Desk Layanan Klinik Pendidikan Tahun 2015
2. Mengidentifikasi masalah yang menyebabkan pelanggan kurang puas terhadap pelayanan Desk Layanan Klinik PendidikanTh 2015
3. Menindaklanjuti masalah ketidakpuasan pelanggan terhadap pelayanan pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun 2015
 

III.   METODE/ CARA PENGUKURAN

   1.   Metode pengukuran :  Survey masyarakat, dengan responden pengguna/ pengunjung Desk Layanan Klinik Pendidikan Tahun 2015
   2.   Alat ukur : Kuesioner Kepuasan Pelanggan secara manual
 

IV.   HASIL PENGUKURAN

     Hasil akhir kegiatan penyusunan indeks kepuasan masyarakat dari setiap unit pelayanan PPID-Klinik Pendidikan Dinas    Pendidikan   Provinsi Jawa Timur disusun dengan materi utama sebagai berikut :

 1.  
Indeks 13 unsur pelayanan
 
    NO    
UNSUR PELAYANAN    
1
 Prosedur pelayanan
2
 Persyaratan pelayanan
3
 Kejelasan petugas pelayanan
4
 Kedisiplinan petugas pelayanan
5
 Tanggung jawab petugas pelayanan                 
6
 Kemampuan petugas pelayanan
7
 Kecepatan pelayanan
8
 Keadilan mendapatkan pelayanan
9
 Kesopanan dan keramahan petugas
10
 Kepastian biaya pelayanan
11
 Kepastian jadwal pelayanan
12
 Kenyamanan lingkungan
13
 Kemanan pelayanan

 
2.   Pengolahan Hasil Indeks Kepuasan Masyarakat
Berdasarkan penetapan responden sebanyak 100 orang berikut ialah hasil pengukuran selama lebih kurang 1 (satu) bulan mulai dari persiapan, pelaksanaan pengumpulan data, pengolahan data indeks, penyusunan dan pelaporan hasil :

NO
 UNSUR PELAYANAN
    JUMLAH
 NILAI UNSUR
  PELAYANAN
       (NRR) 
     NILAI
 RATA-RATA
 PER UNSUR 
 (NRR : 100) 
     NRR
 TERTIMBANG
  PER UNSUR
 (NRR X 0,071) 
      IKM
   SETELAH
  DIKONVERSI
 (JUMLAH X 25) 
 1
 Prosedur pelayanan
 371 
 3,71 
 0,26 
  
 2
 Persyaratan pelayanan
 364
 3,64
 0,26 
 
 3
 Kejelasan petugas pelayanan
 372
 3,72
 0,26
 
 4
 Kedisiplinan petugas pelayanan
 365
 3,65
 0,26
 
 5
 Tanggung jawab petugas pelayanan
 354
 3,54
 0,25
 
 6
 Kemampuan petugas pelayanan
 350
 3,50
 0,25
 
 7
 Kecepatan pelayanan
 362
 3,62
 0,26
 
 8
 Keadilan mendapatkan pelayanan
 365
 3,65
 0,26
 
 9
 Kesopanan dan keramahan petugas
 365
 3,65
 0,26
 
 10
 Kepastian biaya pelayanan
 363
 3,63
 0,26
 
 11
 Kepastian jadwal pelayanan
 356
 3,56
 0,25
 
 12
 Kenyamanan lingkungan
 361
 3,61
 0,26
 
 13
 Kemanan pelayanan
 385
 3,85
 0,27
 
 
 JUMLAH ........
   
 3,65
          84

V.   KESIMPULAN DAN PENUTUP

    Dalam mewujudkan pelayanan prima Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Tahun 2015 kita harus berusaha mewujudkan pelayanan pendidikan yang sesuai dengan amanat UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik. Salah satu upaya upaya mewujudkan keingina tersebut adalah dengan melaksanakan survey kepuasan pelanggan untuk mengetahui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM).
         
          Adapun hasil survey tersebut dapat kami sampaikan bahwa Jumlah Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) PPID-KLINIK PENDIDIKAN setelah dikonversi hasilnya adalah 84 dengan peringkat nilai mutu pelayanan “A” kategori “SANGAT BAIK”.
 
 Tabel Nilai Persepsi, Interval IKM, Interval Konversi IKM, Mutu Pelayanan dan Kinerja Unit Pelayanan
(Kemenpan No. KEP/25/M.PAN/2/2004)
 Nilai Persepsi 
 Nilai Persepsi 
 Nilai Interval Konversi IKM  
 Mutu Pelayanan  
 Kinerja Unit Pelayanan  
       1      1,00 – 1,75                     25 – 43,75            D                 Tidak Baik
       2      1,76 – 2,50                   43,76 – 62,5            C               Kurang Baik
       3      2,51 – 3,25                   62,51 – 81,25            B                     Baik
       4      3,26 – 4,00                   81,26 – 100,00            A                Sangat Baik
 
                                                                                                                                            Surabaya,   5 Januari  2016
 
                                                                                  an. KEPALA DINAS PENDIDIKAN PROVINSI JAWA TIMUR
Sekretaris,
 TTD. 
Dr. SUCIPTO, M.Si.
Pembina Tingkat 1
NIP. 19621215 199203 1 006 

 



Konten 2 kolom bawah

Copyright © 2012-2017 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur | Laporan Hasil Survei Indeks Kepuasan Masyarakat All Right Reserved.