DINDIK JATIM GELAR KEGIATAN DONOR DARAH 1000 INSAN PENDIDIKAN DAN PAMERAN PRODUK UNGGULAN PELAJAR SMA,SMK, DAN SLB NEGERI/SWASTA


DINDIK JATIM GELAR KEGIATAN DONOR DARAH 1000 INSAN PENDIDIKAN DAN PAMERAN PRODUK UNGGULAN PELAJAR SMA,SMK, DAN SLB NEGERI/SWASTA

Dindik Jatim – Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur bekerjasama dengan Palang Merah Merah Indonesia (PMI) Kota Surabaya menyelenggarakan kegiatan 1000 Insan Pendidikan Peduli Sesama Melalui Aksi Donor Darah pada hari Senin s.d. Selasa tanggal 14 s.d. 15 Nopember 2022 di Gedung Sabha Nugraha Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka menyemarakkan Hari Jadi ke–77 Provinsi Jawa Timur dan Hari Pahlawan Tahun 2022. 1000 (seribu) Insan Pendidikan yang berpartisipasi pada aksi donor darah tersebut terdiri dari unsur Guru, Tenaga Kependidikan dan Pelajar jenjang SMA, SMK, dan SLB Negeri/Swasta di Wilayah Kota Surabaya, Kab. Sidoarjo, dan Kab. Gresik. Selain itu para Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pengawas di Lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur serta pengurus dan anggota Dewan Pendidikan Provinsi Jawa Timur juga berpartisipasi pada aksi tersebut.

PMI Kota Surabaya menyambut antusias kegiatan yang diprakarsai oleh Insan Pendidikan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur tersebut. Karena saat ini stok darah di Bank Darah PMI Kota Surabaya dalam kondisi yang menipis. Kondisi menipis disini artinya minimnya persediaan stok darah dengan status aman yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kegiatan tersebut juga merupakan salah satu wujud kepedulian generasi muda dalam mewujudkan semangat solidaritas serta kebersamaan dalam menyebarkan nilai sosial kemanusiaan sekaligus meneladani semangat para pendonor darah yang secara sukarela dan rutin mendonorkan darahnya demi tersedianya stok darah pada Bank Darah di PMI setempat.

Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia tahun 2022 mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dan terus aktif mendonorkan darah, dalam upaya menyelamatkan nyawa sesama sekaligus meningkatkan solidaritas kemanusiaan. Apresiasi dan ucapan terimakasih juga disampaikan Ibu Khofifah kepada para pendonor darah yang dengan sukarela mendonorkan darahnya untuk keselamatan banyak nyawa. Para pendonor darah aktif merupakan social capital (modal sosial) yang dimiliki Jawa Timur. Sehingga, yang dilakukan para pendonor merupakan bentuk aksi sosial yang ikhlas dan bermanfaat dalam upaya menyelamatkan nyawa manusia.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT menyampaikan, selain menyemarakkan Hari Jadi ke–77 Provinsi Jawa Timur dan Hari Pahlawan Tahun 2022, Kegiatan 1000 Insan Pendidikan Peduli Sesama Melalui Aksi Donor Darah ini diselenggarakan dalam mewujudkan harapan Ibu Gubernur Khofifah yaitu, aksi donor darah yang dapat diikuti dengan sistem regenerasi dan diikuti oleh setiap jenjang pendidikan sekolah. Pengkaderan ini juga sudah mulai disosialisasikan sejak dini melalui program Palang Merah Remaja (PMR) yang ada pada masing–masing satuan pendidikan/sekolah jenjang SMA, SMK, dan SLB Negeri/Swasta.

Semangat para pendonor yang telah rutin donor darah ini juga diharapkan dapat dilanjutkan para generasi muda agar semakin giat melakukan donor darah. Saat ini Insan Pendidikan dari generasi muda juga dapat membantu meningkatkan minat masyarakat untuk menyadari pentingnya melakukan donor dengan memanfaatkan media sosial. Terutama manfaat kesehatan bagi tubuh apabila melakukan donor secara teratur sekaligus mempromosikan nilai–nilai dari pendonor darah yang sukarela, sehingga secara otomatis akan menciptakan solidaritas masyarakat. Selain 1000 Insan Pendidikan yang melakukan aksi donor darah di Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Jl. Gentengkali No. 33 Surabaya, aksi donor darah ini juga diselenggarakan di 24 (dua puluh empat) wilayah Cabang Dinas Pendidikan se–Jawa Timur. Untuk kapasitas jumlah pendonor menyesuaikan kesiapan sarana dan prasarana dari PMI di masing–masing Kabupaten/Kota setempat.

Selain aksi 1000 Insan Pendidikan Peduli Sesama Melalui Aksi Donor Darah, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur juga menggelar pameran produk unggulan pelajar jenjang SMA, SMK, dan SLB Negeri/Swasta di wilayah Surabaya, Kab. Sidoarjo, dan Kab. Gresik berupa Food & Beverage (F&B). Digelar di Lobby II Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, pameran produk ini akan diikuti lebih dari 10 (sepuluh) sekolah dengan menawarkan produk berupa makanan, minuman kekinian dan juga kudapan ringan.


Komentar