Melaju di IPB University tanpa Tes melalui FALP IPB Batch 3 Tahun 2023. Siswa SMABA Lamongan harumkan Jawa Timur

Melaju di IPB University tanpa Tes melalui FALP IPB Batch 3 Tahun 2023. Siswa SMABA Lamongan harumkan Jawa Timur

Salah satu peserta didik Jawa Timur kembali menorehkan prestasi gemilangnya di kancah Nasional. Adalah Gusti Karebet Damar Panuluh siswa kelas XII SMAN 1 Babat (SMABA) Lamongan yang berhasil melenggang ke Institut Pertanian Bogor (IPB) University tanpa tes, setelah dinobatkan sebagai peraih Golden Ticket IPB atas penghargaan 15 Best Young Leaders melalui Program Future Agile Leader Program (FALP) IPB Batch 3 tahun 2023.

Tercatat sejumlah 1.748 ketua OSIS SMA/SMK/sederajat se Indonesia mendaftar sebagai peserta FALP 2023. Dari sekian jumlah peserta yang mendaftar tersebut, disaring secara seleksi administrasi sampai terpilih 50 peserta terbaik dari seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan Leadership Camp selama tiga hari. Akhir dari kegiatan Leadership Camp ini adalah terpilihnya 15 Best Young Leaders yang selanjutnya berhak mendapatkan penghargaan berupa tiket Free Pass untuk menjadi mahasiswa di IPB University.

Sebagai informasi bahwa IPB University menyediakan 15 Golden Ticket bagi siswa SMA/SMK/sederajat yang akan mendaftar sebagai mahasiswa tahun 2024. Ke-15 golden ticket ini bisa didapatkan melalui FALP 2023, salah satunya yang bisa berkesempatan mendaftar adalah anggota OSIS dan ekskul sekolah. Melalui FALP ini, siswa bisa langsung masuk IPB University tanpa perlu tes.

FALP merupakan program Dewan Pengurus Pusat Himpunan Alumni (DPP HA) bekerjasama dengan IPB University, dan merupakan salah satu projek besar dalam program Mentoring Leader. Dalam arti lain FALP adalah inkubator kepemimpinan yang mewadahi siswa-siswi SMA/SMK/sederajat di Indonesia. Pada tahun ini FALP mengusung tema “Empowering Gen-Z : Building Resilient Agile Leaders”, dan FALP ini sudah memasuki tahun ketiga sejak dikenalkan pada 2021.

program FALP bertujuan untuk memberikan pendampingan kepemimpinan yang komprehensif kepada para aktivis badan pengurus harian (BPH) organisasi/ekstrakurikuler pada tingkat SMA/sederajat di seluruh Indonesia. Program ini dilaksanakan dari bulan September hingga Desember 2023.

Bp. Aries Agung Paewai Kepala Dindik Jatim menyampaikan rasa bangga kepada Damar yang dinyatakan lolos sebagai 15 Best Young Leaders FALP 2023 yang sekaligus mendapatkan Golden Ticket berupa tiket Free Pass untuk menjadi mahasiswa di IPB University tanpa tes. Prestasi yang telah diraih ini harus menjadi pelecut semangat bagi siswa-siswi kelas IX dan X yang ingin bisa masuk ke PTN tanpa tes, maka berpaculah dengan semangat meraih prestasi akademik dan non akademik dimulai dari sekarang. "Tidak ada kata terlambat untuk memulai, asal ada niat dan keinginan, dan berusaha dengan maksimal, nantinya anak-anakku sekalian pasti akan mendapatkan hasilnya". Ungkapnya

"Selamat dan sukses saya sampaikan kepada ananda Damar yang telah berhasil masuk IPB University tanpa tes, terima kasih telah kembali mengharumkan Jawa Timur di skala Nasional. Karena FALP ini dasar terpilihnya melalui media sebagai pemimpin, maka saya tekankan bahwa pemimpin yang bijak dan baik adalah pemimpin yang bisa memberikan manfaat kepada sesama. Nantinya jadilah pemimpin yang banyak melakukan kebaikan dan berdampak bagi lingkungannya. Pungkasnya.