Hebat! Kadindik Jatim Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Provinsi

Hebat! Kadindik Jatim Terima Penghargaan Tokoh Inspiratif Provinsi

Kategori Peraih Prestasi Terbaik pada Rakernas AKSI 2024--sub

Kota Bandung – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Aries Agung Paewai, menerima penghargaan sebagai Tokoh Inspiratif Provinsi kategori Peraih Prestasi Terbaik. Penghargaan membanggakan ini diberikan Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia (AKSI) saat melaksanakan Rapat Kerja Nasional di Trans Convention Center, Kota Bandung, Rabu (5/6/2024).

Atas capaiannya, Aries mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Penghargaan yang diterima ini, kata Aries akan dijadikan motivasi untuk terus memajukan Pendidikan di Jawa Timur agar lebih maju dan berkualitas.

“Terima kasih untuk penghargaan yang diberikan oleh Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia kepada saya sebagai Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur sebagai Tokoh Inspiratif Provinsi Peraih Prestasi Terbaik. Ini penghargaan yang luar biasa karena penilaian ini dari kepala sekolah se Indonesia, tapi tidak kalah pentingnya bahwa penghargaan ini juga adalah bagi seluruh kepala Sekolah se-Jawa Timur yang sudah mendukung seluruh program pendidikan di Jawa Timur saling berkolaborasi dan berinovasi tanpa para kasek tidak mungkin mendapatkan apresiasi ini," ucapnya saat menerima penghargaan.

Terkait rakernas yang diadakan oleh AKSI, Aries Agung Paewai mengatakan jika kegiatan seperti ini bisa dilakukan sebagai wadah berbagi ide-ide kreatif dan inovasi serta kolaborasi yang diterapkan di masing-masing sekolah. Sebab, menurut dia, setiap sekolah memiliki manajemen sendiri yang menentukan keberhasilan dan produktifitas sekolah.

“Rakernas ini bagus karena mengumpulkan seluruh kepala sekolah di Indonesia yang saya harapkan dapat membentuk grup diskusi untuk sharing ide-ide kreatif, inovatif dan kolaborasi tentang bagaimana mengelola sekolah yang baik, karena pasti setiap sekolah memiliki praktek yang keberhasilannya perlu dibagi pada kepala sekolah yang lain. Sehingga itu bisa ditularkan dan dimodifikasi oleh masing-masing sekolah,” ujarnya.

Ia juga berharap setiap sekolah di Jawa Timur nantinya dapat menerapkan program Merdeka belajar dan dapat melaksanakan pembelajaran menggunakan teknologi sesuai dengan perkembangan zaman. Menjadi daerah yang dinilai sebagai Provinsi Peraih Prestasi Terbaik di ranah Nasional, Aries berharap tenaga pengajar di Jawa Timur dapat mengikuti perkembangan siswa yang sekarang memanfaatkan teknologi untuk mencari ilmu.

“Kepala Sekolah itu merupakan role model baik bagi guru, siswa, dan lingkungan sekolah, maka kepala sekolah juga saya harap dapat melek teknologi dan mengikuti perkembangan zaman agar manajemen sekolah tercipta menyesuaikan perkembangan yang terjadi sekarang. Sehingga akan tercipta lingkungan sekolah yang produktif serta berkemajuan,” jabar Aries saat ditanya harapan ke depan untuk kepala sekolah.

Untuk saat ini Jawa Timur masih dan terus menerapkan Merdeka Belajar untuk pendidikannya. Aries mengungkapkan dengan Merdeka Belajar guru bisa menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan bagi siswa.

Sehingga melalui proses belajar tersebut, siswa merasa nyaman dan semangat untuk terus mengikuti pembelajaran. Ini juga yang ia nilai kualitas dan mutu Pendidikan di Jawa Timur dapat mengikuti dan mengejar standar Pendidikan di Indonesia juga membuat siswa meraih banyak prestasi.